Materi 1
PENDAHULUAN UML (Unified Modeling Language)
Unified Modeling
Language(UML) adalah sebuah bahasa yang telah
menjadi standart dalam industri visualisasi, merancang dan mendokumentasikan
sistem piranti lunak. UML dapat digunakan dalam pembuatan model untuk semua
jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada
piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa
pemrograman apapun. Model yang dimaksud adalah proses merancang piranti lunak
sebelum melakukan pengkodean(coding). UML mempunyai konsep dasar class dan
operation yang digunakan untuk pemrograman software dengan menggunakan
bahasa-bahasa pemrograman yang berorientasi obyek.
UML meliputi simbol-simbol dan suatu tata bahasa yang
menjelaskan bagaimana simbol-simbol tersebut dapat digunakan. Dengan UML
merupakan bahasa pemodelan yang universal dimana digunakan sebagai sarana
komunikasi dalam perancangan suatu software.
UML terbagi menjadi beberapa jenis diagram yang
masing-masing memiliki aturan-aturan tertentu dalam penyusunannya.
Diagram-diagram tersebut tersusun atas sejumlah elemen grafis yang saling
membentuk satu kesatuan dalam pemodelan software. Masing-masing diagram UML
mempersatukan berbagai sudut pandang terhadap sistem dan mendefinisikan apa
yang dikerjakan oleh sistem bukan bagaimana cara sistem bekerja.
UML memiliki banyak diagram agar dapat memodelkan sistem
secara akurat, karena dalam pembuatan suatu sistem terdapat sejumlah pihak yang
berkepentingan pada aspek-aspek yang berlainan dari sistem. Oleh karena itu
dengan adanya diagram-diagram pada UML yang mempunyai fungsi masing-masing
sesuai bidang dari pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan sistem, maka
pihak-pihak yang terlibat dapat memahami informasi yang ingin disampaikan dari
suatu pihak menuju pihak lainnya. Meskipun UML mempunyai banyak diagram, tetapi
tidak semua diagram harus digunakan dalam pembuatan suatu sistem. Berikut ini
penjelasan beberapa bagian dalam pembuatan pemodelan UML yang digunakan.
a. Bisnis
UseCase
b. Diagram Use Case
c. Diagram Class
d. Diagram Sequence
e. Diagram Activity
f. Diagram StateChart
Comments