Materi 1

PENDAHULUAN UML (Unified Modeling Language)

Unified Modeling Language(UML) adalah sebuah bahasa yang telah menjadi standart dalam industri visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML dapat digunakan dalam pembuatan model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman apapun. Model yang dimaksud adalah proses merancang piranti lunak sebelum melakukan pengkodean(coding). UML mempunyai konsep dasar class dan operation yang digunakan untuk pemrograman software dengan menggunakan bahasa-bahasa pemrograman yang berorientasi obyek.

UML meliputi simbol-simbol dan suatu tata bahasa yang menjelaskan bagaimana simbol-simbol tersebut dapat digunakan. Dengan UML merupakan bahasa pemodelan yang universal dimana digunakan sebagai sarana komunikasi dalam perancangan suatu software.

UML terbagi menjadi beberapa jenis diagram yang masing-masing memiliki aturan-aturan tertentu dalam penyusunannya. Diagram-diagram tersebut tersusun atas sejumlah elemen grafis yang saling membentuk satu kesatuan dalam pemodelan software. Masing-masing diagram UML mempersatukan berbagai sudut pandang terhadap sistem dan mendefinisikan apa yang dikerjakan oleh sistem bukan bagaimana cara sistem bekerja.

UML memiliki banyak diagram agar dapat memodelkan sistem secara akurat, karena dalam pembuatan suatu sistem terdapat sejumlah pihak yang berkepentingan pada aspek-aspek yang berlainan dari sistem. Oleh karena itu dengan adanya diagram-diagram pada UML yang mempunyai fungsi masing-masing sesuai bidang dari pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan sistem, maka pihak-pihak yang terlibat dapat memahami informasi yang ingin disampaikan dari suatu pihak menuju pihak lainnya. Meskipun UML mempunyai banyak diagram, tetapi tidak semua diagram harus digunakan dalam pembuatan suatu sistem. Berikut ini penjelasan beberapa bagian dalam pembuatan pemodelan UML yang digunakan.
a.       Bisnis UseCase
b.      Diagram Use Case
c.       Diagram Class
d.      Diagram Sequence
e.       Diagram Activity

f.       Diagram StateChart

Comments

Popular posts from this blog

Ujian Skripsi

Materi 2